Wednesday, January 20, 2010

300 Orang Tewas Dalam Kerusuhan SARA di Nigeria




300 Orang Tewas Dalam Kerusuhan SARA di Nigeria: "Kerusuhan SARA terjadi di Nigeria. Sekitar 300 orang disebut-sebut telah tewas dalam bentrokan selama tiga hari di Kota Jos tersebut.

Menurut Palang Merah, lebih dari 100 orang luka-luka serius akibat kerusuhan itu. Aksi pembakaran rumah warga pun terjadi. Akibatnya, menurut Palang Merah, sekitar 3 ribu orang telah kehilangan tempat tinggal.

Demikian seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (20/1/2010).

Tentara telah dikerahkan untuk mengendalikan bentrokan yang terjadi antara warga Kristen dan muslim itu. Otoritas juga menerapkan jam malam di kota tersebut.

Wakil Presiden Nigeria Goodluck Jonathan telah memerintahkan pengerahan militer ke kota tersebut. Semua penerbangan ke kota itu juga dihentikan untuk sementara.

Menurut warga setempat, bentrokan itu dipicu oleh perseteruan mengenai pembangunan sebuah masjid. Menurut para pemimpin agama Islam dan Kristen di kota tersebut, sekitar 300 orang telah tewas dalam tiga hari bentrokan. Tidak ada angka resmi dari pemerintah.

Jos terletak di antara wilayah utara Nigeria yang didominasi warga muslim dan wilayah selatan Nigeria yang didominasi warga Kristen. Kota tersebut sering mengalami kerusuhan SARA.

Pada November 2008, ratusan orang tewas dalam kerusuhan selama dua hari di Jos. Bentrokan tersebut dipicu oleh rumor bahwa sebuah partai Islam telah kalah dari partai Kristen dalam pemilihan lokal."

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook