Thursday, September 6, 2012

6.000 Santri Lirboyo Shalat Minta Hujan




Ribuan santri pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur menggelar sholat Istosqo berharap hujan segera turun, Kamis (6/9/2012).

Kediri, Indonesia (News Today) - Sekitar 6.000 santri dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, menggelar shalat sunnah Istisqo' atau shalat memohon anugerah hujan, Kamis (6/9/2012) siang. Mereka berharap hujan segera datang agar menjadi berkah bagi lingkungan yang sejak beberapa waktu terakhir mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

Shalat yang dilakukan di lapangan areal pondok tersebut dipimpin langsung oleh KH Anwar Mansur, salah seorang pengasuh, dan digelar tepat saat matahari berada di atas kepala. Selain shalat yang terdiri dari dua rakaat itu, jemaah juga melantunkan doa-doa taubah.

KH Anwar Mansur mengatakan, ritual tersebut hanyalah bentuk kepedulian yang dilakukan pondok terhadap kondisi alam akibat kemarau saat ini. Diharapkan dengan berdoa dan meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa, hujan segera turun sehingga masyarakat maupun lingkungan mendapat manfaatnya.

"Kita semata-mata berdoa, meminta yang terbaik bagi alam ini. Air dari sungai-sungai maupun sumur agar terisi kembali," kata pengasuh pesantren Hidayatul Mubtadiat, komplek Lirboyo, seusai memimpin doa.

Dampak musim kemarau ini juga berpengaruh langsung pada keseharian ribuan para santri. Mereka harus berhemat air agar rutinitas mereka tidak terganggu. "Di sini ada sekitar 10.000 santri. Sumber mata air yang ada debit airnya mulai menurun sehingga harus melakukan penghematan," kata Ahlis Faqih, Sekretaris Pesantren Lirboyo.

Ritual doa tersebut dilakukan sekitar 30 menit dan shalat akan digelar lagi setelah tidak ada hujan selama seminggu ke depan.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook