Sunday, March 18, 2012

Singa Laut Tak Bisa Mengecap Rasa Manis




Singa laut tak mampu mengecap rasa manis.

Philadelphia (News Today) - Peihua Jiang dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menemukan bahwa singa laut dan beberapa karnivora lain ternyata kehilangan kemampuan mengecap rasa manis. Temuan Jiang dipublikasikan di jurnal Proceeding of the National Academy of Science yang terbit pada Senin (12/3/2012).

Untuk sampai pada kesimpulan itu, Jiang melakukan analisis genetik pada 12 spesies pemakan daging dan melakukan observasi pada reseptor rasa yang dimiliki. Sebanyak 12 spesies yang diteliti diantaranya kucing, singa laut, anging laut berbulu, anjing laut Pasifik, berang-berang Asia, anjing hutan, dua spesies mirip kucing disebut fossa, dan linsang, serta lumba-lumba.

Peneliti menemukan bahwa pada spesies di atas, resptor rasa manis tidak berfungsi. Sebab, gen yang mengendalikan produksi protein fungsional yang membantu mengecap rasa manis mengalami mutasi.

Sementara itu, singa laut dan lomba-lumba hidung botol tak hanya kehilangan kemampuan rasa manis, tetapi sensasi rasa gurih. Lumba-lumba bahkan tak mampu mengecap rasa pahit.

Jiang, seperti dikutip situs Livescience, Senin (12/3/2012) mengatakan, "Mereka mungkin tak perlu merasakan untuk mengidentifikasi makanan. Mereka mungkin menggunakan cara lain untuk melakukannya."

Kehilangan kemampuan mengecap rasa manis bisa juga terkait jenis makanan. Daging lebih kaya protein dan lemak darpada karbohidrat sehingga hewan tak perlu mengembangkan kemampuan merasakan manis.

Sebab lain, hewan seperti lumba-lumba biasanya langsung menelan ikan kecil yang didapatkannya. Dengan proses ini, mereka mengabaikan proses merasakan. Jadi, untuk apa punya kemampuan mengecap?

Source : LiveScience

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook