Wednesday, June 27, 2012

Pemred "Sydney Morning Herald" dan "The Age" Mengundurkan Diri




Halaman muka suratkabar terkemuka Australia "The Age" milik grup Fairfax (atas) dan suratkabar The Sydney Morning Herald (bawah) edisi 18 Juni 2012. Peter Fray, pemimpin redaksi suratkabar The Sydney Morning Herald yang sudah berusia 180 tahun, dan editor perempuan pertama Amanda Wilson, serta pemimpin redaksi The Age Paul Ramadge mengundurkan diri, menyusul pengumuman pemangkasan jumlah karyawan dan keputusan dua media itu memasuki era digital

Sydney (News Today) - Sejumlah editor top surat kabar Australia, The Age dan Sydney Morning Herald, mengundurkan diri pada Senin (25/6/2012), setelah induk perusahaan, Fairfax, pada pekan lalu mengumumkan perubahan desain dalam nmenyambut era digital.

Peter Fray, penerbit dan Pemimpin Redaksi (Pemred) Sydney Morning Herald, surat kabar yang sudah berusia 180 tahun; dan editor perempuan pertama, Amanda Wilson; menyatakan pengunduran diri. Hal serupa dilakukan oleh Paul Ramadge, Pemimpin Redaksi The Age.

Pengunduran diri sejumlah editor top ini menyusul pengumuman pekan lalu yang menyatakan bahwa Fairfax akan memangkas 1.900 orang, serta mengurangi ukuran surat kabar The Sydney Morning Herald dan The Age dari broadsheet ke ukuran tabloid, serta menempatkan situs dua harian ini di belakang sebuah paywall.

"Kami menyampaikan selamat tinggal kepada dua profesional jagoan ini, dan menghormati keputusan mereka meninggalkan karier mereka bersama Fairfax," kata Direktur Editorial Fairfax Garry Linnell kepada Peter Fray dan Amanda Wilson.

Sementara itu, Paul Ramadge mengatakan dia meninggalkan surat kabar Melbourne yang berpengaruh dengan "perasaan terbagi" setelah melalui perdebatan beberapa minggu lamanya. Ia menambahkan mendukung arah baru grup Fairfax.

"Kini saatnya bagi saya untuk pergi dan mengejar hal yang jauh dari induk," kata Ramadge. "Namun ini bukan pertanda bahwa saya tidak setuju dengan strategi yang diumumkan pekan lalu. Strategi itu benar. Era baru dimulai dan saya akan menjadi di antara mereka yang bersorak-sorai di tepi lapangan," paparnya.

Sektor media Australia menghadapi masa-masa sulit, setelah dua kelompok surat kabar utama, Fairfax dan News Limited milik Rupert Murdoch, mengumumkan akan memangkas jumlah karyawan pekan lalu.

News Limited belum mengumumkan berapa jumlah staf yang akan dipangkas. Namun, dari 11.000 staf, kemungkinan besar akan tinggal menjadi 1.000 sampai 1.500 staf saja. Ini akibat perusahaan media kehilangan pembaca dan pengiklan beralih ke platform online.

Source : AFP

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook