Tuesday, June 26, 2012

Meningkatnya Dana Iklan Pemda DKI Dicurigai




Jakarta, Indonesia (News Today) - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) melansir dana iklan Pemprov DKI meningkat dari Rp 11 miliar pada 2011 meningkat jadi Rp 28 miliar tahun ini. Peningkatan yang cukup signifikan ini pun menimbulkan kecurigaan.

"Dana iklan premprov DKI di tahun 2012 meningkat dari Rp 11 miliar pada tahun 2011 ke Rp 28 miliar. Iklan berupa baliho, iklan-iklan di TV. Apakah ini untuk keperluan pilkada?" ucap koordinator investigasi Fitra, Uchok Sky Khadafi, dalam jumpa pers di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta, Minggu (24/6/2012).

Uchok, mencurigai peningkatan dana itu digunakan untuk kampanye incumbent. Apalagi disinyalir ada potensi double budget anggaran pemilukada. Di mana dialokasikan dana APBD DKI untuk pemilukada sebesar Rp 1,3 triliun. Namun ada beberapa program yang seharusnya menjadi tugas KPU namun dilakukan oleh Pemda DKI.

"Misalnya deklarasi damai, imbauan pilkada damai melalui pemasangan spanduk, monitoring dan pengamanan pilkada, itu totalnya Rp 50,6 miliar. Sehingga cenderung double budget," ucap Direktur Resource Centre Seknas Fitra, Yenny Sucipto, dalam kesempatan yang sama.

Juru bicara Gubernur DKI, Cucu Ahmad Kurnia, menolak ada dana APBD yang digunakan incumbent untuk keperluan pilkada. Sebab penggunaan semua dana adalah berdasar persetujuan DPRD.

"Tidak ada dana untuk incumbent. Anggaran kan atas persetujuan DPRD. Yang kita ajukan telah kita anggarkan, dan rancangan anggaran ada persetujuan. Keuangan kita bisa dilihat di website," ucap Cucu.

Source : Detik

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook