Saturday, February 18, 2012

Masak Bentrok Antarwarga Saja Tak Bisa Diselesaikan




Ilustrasi: bentrok antarwarga

Ambon (News Today) - Pemerintah dinilai tidak maksimal dalam mencegah bentrokan antarwarga yang sering terjadi di Maluku. Penyelesaian masalah tidak pernah tuntas, sehingga bentrokan antarwarga yang kerap menimbulkan korban jiwa dan kerugian materiil terus berulang.

Demikian disampaikan aktivis perdamaian Thamrin Ely saat peringatan 10 tahun perjanjian Malino II, perjanjian yang mendamaikan konflik sosial berkepanjangan, di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Maluku, Selasa (14/2/2012).

Menurut Thamrin Ely, tidak ada masalah atau pertikaian yang tidak pernah bisa diselesaikan. Penyelesaian masalah yang kerap memicu bentrokan pasti bisà dilakukan asalkan pemerintah maksimal menjalankan tugasnya.

"Konflik yang besar seperti terjadi tahun 1999 di Maluku saja bisa diselesaikan, masak bentrokan-bentrokan yang kecil, bentrokan antarwarga, yang terjadi marak akhir-akhir ini tidak bisa diselesaikan?" ujar pria yang saat perundingan perdamaian Konflik Maluku di Malino berperan sebagai salah satu ketua tim delegasi perdamaian.

Seperti diketahui, paska konflik tahun 1999, bentrokan antarwarga marak terjadi. Pekan lalu bentrokan antarwarga terjadi di Pulau Saparua dan Haruku di Kabupaten Maluku Tengah. Akhir tahun lalu, bentrokan antarwarga pun beberapa kali terjadi di Ambon, Maluku.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook