Wednesday, September 28, 2011

Taman Nasional Merbabu Terbakar




Titik api yang membakar hutan lereng Gunung Merbabu yang difoto dari Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/9/2011). Kebakaran tersebut mulai terjadi pada Selasa (27/9/2011) yang terus meluas dan mengakibatkan semua jalur pendakian ke gunung tersebut ditutup.

Boyolali, Indonesia (News Today) - Sekitar 50 hektar lahan hutan di Taman Nasional Gunung Merbabu di Jawa Tengah terbakar. Kebakaran terjadi di puncak Gunung Merbabu dan tidak sampai mengganggu warga sekitar.

Kebakaran terjadi sejak Selasa (27/9/2011) sekitar pukul 11.00. Namun, baru berhasil diatasi pada Rabu (28/9/2011) siang setelah mengerahkan sekitar 160 orang dari masyarakat setempat, TNI, polisi hutan, dan tim SAR.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) Dulhadi, Rabu, mengatakan, belum menginventarisasi luasan lahan yang terbakar. Namun, dia memperkirakan areal yang terbakar sekitar 50 hektar dari total areal BTNGM 5.725 hektar.

Kebakaran juga terjadi di puncak sehingga jauh dari permukiman penduduk. Penyebab kebakaran diduga karena kelalaian orang yang biasa mengambil rumput di lokasi itu.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook