Saturday, September 1, 2012

Pramono: Jangan Ada Rekayasa Verifikasi Parpol




Wakil Ketua DPR, Pramono Anung

Jakarta, Indonesia (News Today) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pramono Anung berharap agar Komisi Pemilihan Umum melakukan verifikasi faktual persyaratan pendaftaran partai politik peserta pemilu dengan benar. Pramono meminta jangan ada rekayasa agar parpol tertentu lolos menjadi peserta pemilu 2014.

"Kalau dalam verifikasi ada parpol yang tidak penuhi syarat, jangan diada-adakan supaya lengkap," kata Pramono di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (30/8/2012).

Hal itu dikatakan Pramono menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi bahwa semua parpol yang akan mengikuti pemilu, baik yang sudah berada di DPR maupun yang tidak memiliki kursi di DPR, harus melakukan verifikasi faktual.

Menurut Pramono, proses verifikasi yang benar bisa menjadi salah satu cara penyederhanaan parpol. Jika parpol terus disederhanakan, Pramono yakin demokrasi perlahan-lahan akan mengalami proses pendewasaan.

Adapun mengenai putusan MK, Pramono menilai putusan itu adil lantaran tidak ada perbedaan antara parpol lama dengan parpol baru. Menurut dia, belum tentu sembilan parpol yang kini berada di DPR konsolidasi di internalnya lebih baik dibanding parpol baru.

"Jadi ini merupakan langkah yang cukup adil dan jadi tugas KPU untuk segera memfasilitasi," pungkas politisi PDI Perjuangan itu.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook