Thursday, September 6, 2012

Polisi Tahan 6 Tersangka Pelaku Kekerasan di Papua




ilustrasi

Jakarta, Indonesia (News Today) - Kepolisian telah memeriksa 25 orang terkait kasus dugaan tindak pidana pengeroyokan dan penganiayaan yang terjadi di Papua pada Agustus 2011 lalu. Pihak kepolisian setempat telah menenetapkan enam tersangka, termasuk Dany Kogoya, yang disebut-sebut sebagai salah satu tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Informasi hari ini, hingga pagi, dari 25 orang ada 6 yang positif dinyatakan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Selasa (4/9/2012).

Selain Dany Kogoya, tersangka lainnya yakni berinisial LF, NJ, KJ, TK, dan SK.

Sebelumnya, Dany Kogoya bersama sejumlah rekannya ditangkap pada Minggu (2/9/2012), di sebuah hotel wilayah Entrop, Papua. Polisi memiliki bukti kuat para tersangka terlibat dalam kekerasan yang terjadi 1 Agustus 2011 di tanjakan Gunung Merah, Nafri, Jayapura, Papua.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita dua senjata api laras panjang double loop sebagai barang bukti.

"Penyidik memiliki bukti yang cukup bahwa pelaku diduga kuat saudara Kogoya cs. Maka dilakukan penangkapan," lanjut Boy.

Ia menjelaskan, peristiwa itu menyebabkan empat orang meninggal dunia dan tujuh lainnya mengalami luka berat. Polisi pun mendalami keterkaitan kelompok Dany dengan Mako Tabuni, Wakil Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), yang tewas ditembak dalam upaya penangkapan, pada Juni lalu.

Mako sendiri disinyalir melakukan beberapa penembakan yang terjadi di Papua. Salah satunya, penembakan seorang satpam Saga Mall Papua, Tri Surono di Abepura, pada 10 Juni 2012.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook