Tuesday, September 4, 2012

Letusan Anak Krakatau Tidak Picu Gelombang Pasang




Wisatawan yang berencana hendak mengunjungi kawasan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda diimbau untuk berpikir ulang dan mengurungkan niatnya, Senin (3/9/2012).

Bandar Lampung (News Today) - Letusan Gunung Anak Krakatau tidak mengakibatkan tsunami ataupun gelombang pasang. Hal itu ditegaskan Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung Nurhuda, Selasa (4/9/2012). Menurut dia, letusan Anak Krakatau pada Minggu (2/9/2012) dan Senin (3/9/2012) tergolong kecil, terutama jika dibandingkan letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Letusan Krakatau pada masa itu memicu tsunami hingga setinggi 40 meter. "Ini letusan (Anak Krakatau) rutin dan gempanya kecil. Jadi, tidak mungkin memicu tsunami," ujar dia. Hal ini disampaikannya untuk meluruskan informasi di sejumlah media online yang sebelumnya sempat beredar bahwa letusan Anak Krakatau mengakibatkan gelombang pasang. Ini menimbulkan kekhawatiran dari sejumlah warga.

Sebelumnya, melalui pesan singkat, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono juga menegaskan, letusan Anak Krakatau tidak mengakibatkan tsunami. Ia juga menyebutkan tidak perlunya ada pengungsian warga yang tinggal di lokasi pemukiman terdekat.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook