Wednesday, September 5, 2012

Komisi I: Pulau yang Mau Dijual Bukan Cuma 2, Tapi Ada 5




Jakarta, Indonesia (News Today) - Ternyata bukan hanya dua pulau di wilayah Indonesia yang hendak dijual oleh situs privatesislandonline.com. Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin, menyebut ada lima pulau di wilayah Indonesia yang hendak dijual.


"Kita sudah cross check, memang ada yang mau dijual, bukan hanya dua, tapi lima," kata Tubagus saat berbincang, Rabu (5/9/2012).

Namun Tubagus tidak menjelaskan pulau apa saja yang hendak dijual itu. Dia hanya menyebut sebagian besar dari kelima pulau itu ada di wilayah Indonesia bagian timur.

"Di antaranya di Indonesia bagian timur," ujarnya.

Tubagus menjelaskan, Komisi I sudah mendapatkan laporan mengenai penjualan kelima pulau itu sejak enam bulan lalu. Komisi I pun sudah mengantisipasi dengan menghubungi institusi terkait.

"Kita sudah hubungi pemerintah daerah, sudah diantisipasi. Pulau-pulau itu tidak bisa dijual," imbuhnya.

Situs www.privatesislandonline.com menjual Pulau Gambar di Laut Jawa dan Pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Harga yang ditawarkan untuk Pulau Gambar tergolong murah yakni US$ 725 ribu atau setara dengan Rp 6,8 miliar (kurs 1 US$ = Rp 9.500). Dalam informasi penjualannya, pulau itu disebutkan berada di kawasan Laut Jawa dengan luas 2,2 hektar.

Sementara Pulau Gili Nanggu di Lombok yang memiliki luas 4,99 hektar itu ditawarkan dengan harga Rp 9,9 miliar. Lokasinya yang berada di laut Bali jadi daya jual tersendiri. Menurut situs tersebut, pemilik pulau menawarkan Gili Nanggu dengan sejumlah fasilitas. Di antaranya 10 unit cottage, 7 unit bungalow, 1 unit restoran, mini bar, kamar, dan area pengembangbiakan kura-kura.

Indonesia sudah lama melarang jual-beli pulau di Indonesia karena menyangkut kedaulatan negara. Pemerintah hanya memberi izin untuk menyewa demi kepentingan pariwisata.

Source : Detik

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook