Monday, August 13, 2012

Mahasiswa UI Tolak Pencalonan Kembali Gumilar




Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri

Depok (News Today) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Universitas Indonesia bertekad untuk menurunkan Rektor UI Gumilar R Somantri yang masa jabatannya habis pada 14 Agustus nanti.

Upaya penurunan Rektor UI sebelum masa jabatan berakhir dapat jadi modal supaya publik tidak mempercayai Gumilar yang kemungkinan ikut mencalonkan diri kembali jadi Rektor UI Periode 2012-2017.

"Kalau turun pada 14 Agustus kan memang prosedural atau habis masa jabatannya. Kami mau Rektor UI turun paling lambat Senin besok. Sebab, Rektor UI sekarang membuat kisruh UI semakin berlarut-larut. Publik sudah tidak percaya Rektor UI sekarang. Jangan sampai dia terpilih lagi," kata Kepala Pusat Kajian dan Studi Gerakan (Pusgerak) BEM UI Iqbal Pirzada.

Menurut Iqbal, aksi BEM se-UI yang dimulai Minggu (12/8/2012) sore ini hingga beberapa hari ke depan sebagai puncak ketidakpercayaan pada Gumilar. Mahasiswa akan menduduki Rektorat UI.

Saat ini, mahasiswa berkumpul di halaman depan gedung Rektorat UI. Ada dua tenda untuk menampung mahasiswa yang menginap.

Mahasiswa juga telah menyiapkan orasi serta seremoni seperti sujud syukur dan penyalaan kembang api untuk merayakan turunnya Gumilar sebagai simbolisasi tibanya hari baru untuk UI.

"Kegiatan kampus memang libur. Tetapi tetap ada kegiatan, termasuk Opspek mahasiswa baru," kata Iqbal.

Ketua BEM UI Faldo Maldini mengatakan mahasiswa menolak pencalonan kembali Gumilar untuk kedua kalinya. Saat ini, panitia khusus pemilhan rektor ui membuka pendaftaran calon Rektor UI Periode 2012-2017.

"Ada perbedaan yang substansial antara berhenti karena masa jabatan habis dan diturunkan. Berhenti karena diturunkan menyiratkan adanya ketidakpercayaan publik terhadap Gumilar," jelas Faldo.

Ketua Panitia Khusus Pilrek UI Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto mengatakan Rektor UI saat ini belum mendaftar sebagai calon Rektor UI. "Peluang Gumilar untuk mendaftar tetap terbuka dan merupakan hak beliau sepanjang memenuhi syarat," ujar Endriartono.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook