Tuesday, July 31, 2012

Semester I, Penerimaan Pajak Rp 387,6 Triliun




Petugas pajak melayani warga untuk mengumpulkan SPT Pajak tahunan di sebuah gerai pajak kawasan Sabang, Jakarta, Kamis (24/3/2011). Petugas pajak mulai menjemput bola ke pusat-pusat perbelanjaan dan perkantoran dengan membuka gerai pelayanan.

Jakarta, Indonesia (News Today) - Direktur Penyuluhan dan Pelayanan Hubungan Masyarakat Direktorat Pajak (Ditjen Pajak) Dedy Rudaedi mengatakan, penerimaan pajak pada semester pertama 2012 ini mencapai Rp 387 ,6 triliun.

"Alhamdulillah sampai dengan semester pertama penerimaan pajak kita sudah mencapai Rp 387,6 triliun, jadi kira-kira sudah 43,8 persen dari APBN 2012 ," kata Dedy kepada wartawan di sela acara sosialisasi pajak kepada mahasiswa UNJ, Jakarta, Senin (30/7/2012).

Ia mengatakan, target penerimaan pajak di direktoratnya hingga akhir 2012 ini Rp 1016,7 triliun atau 74 persen darI APBN-P sebesar Rp 1.548,3 triliun.

Dirinya berharap, memasuki semester kedua ini, penerimaan pajak akan meningkat 100 persen lebih dari semester sebelumnya, yakni Rp 885 triliun.

"Selama Ramadhan saya harapkan penerimaan pajak baik, karena transaksi banyak, Juli dan Agustus penerimaan pajak kita akan baik karena tingkat transaksi kita banyak," jelasnya.

Ia juga menambahkan, pajak PPn dalam negeri tumbuh 33 persen pada semester pertama. Padahal pada periode yang sama tahun sebelumnya, pertumbuhannya hanya 19-20 persen.

Sementara itu, PPH nonmigas masih menjadi yang terbesar dengan menyumbang Rp 198,8 triliun. "Kemungkinan untuk semester kedua ada pelambatan-pelambatan perekonomian kita karena krisis," ujarnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi pelambatan ekonomi di semester kedua, Ditjen Pajak bakal menerapkan sistem teknologi pengawasan kepada para wajib pajak yang lalai membayar.

"Kita optimalkan penggunaan IT melalui sistem pengawasan perpajakan approve wave terhadap wajib pajak," ungkap Dedy.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook