Sunday, March 18, 2012

Tubuh Berkutil, Lanra Dibuang di Kebun Jagung




Gubuk kecil ditengah kebun jagung inilah Lanra (70) yang sekujur tubuhnya ditumbuhi kutil menghabiskan masa tuanya


Bone (News Today) - Lanra (70), seorang lelaki di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, selama bertahun-tahun dibuang keluarganya ke tengah ladang jagung karena tubuh yang ditumbuhi banyak kutil. Dia hidup di dalam gubuk berukuran 2 x 3 meter dengan atap tenda seadanya di Dusun Bontolenre, Desa Watangpalakka, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone.

Saat dikunjungi Kompas.com, Selasa (13/3/2012), Lanra berkisah bahwa sudah sejak 20 tahun yang lalu ia menempati kebun milik warga ini. Lanra harus berjuang menghidupi dirinya dengan mengandalkan umbi-umbian yang ditanamnya. Di lahan itulah Lanra menghabiskan masa tuanya sebagai kakek yang telantar.

Lanra mengaku tak menyangka jika penyakit kutil yang menggerogoti sekujur tubuhnya sejak 20 tahun lalu ini menyebabkan ia harus terbuang dari keluarganya dan harus tinggal di tengah ladang tanpa kasur dan alat penerangan. "Awalnya gatal-gatal, lalu tumbuh seperti sekarang ini. Semua saudaraku sudah meninggal, tinggal saya yang hidup, tetapi kemenakanku masih ada semua," ujar Lanra yang memang tak pernah menikah ini.

Jika umbi-umbian belum bisa dimakan dan rasa lapar sudah menyerang, Lanra harus berjalan ke permukiman penduduk untuk mengais makanan. "Itu saja dia makan, Pak, pisang atau ubi, bisa juga datang di rumah warga minta makanan. Keluarganya ada, tetapi mereka jijik. Belum ada juga dokter yang pernah datang ke sini. Padahal, tidak mungkinkan mereka tidak tahu ini karena saya masih kecil ini Lanra sudah begini," ujar Andi Arman, salah seorang warga yang mengantar Kompas.com menemui Lanra.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook