Saturday, March 17, 2012

Kaki Bengkok Bukan Karena Popok




(News Today) - Banyak kaum ibu yang masih ragu dengan penggunaan popok sekali pakai, selain karena faktor biaya, tak sedikit yang termakan mitos mengenai efek samping popok sekali pakai atau pospak pada bayi akan menyebabkan kelainan pada kaki.

Tulang tungkai yang tampak melengkung pada bayi, sebenarnya adalah kondisi yang normal. Semua bayi yang baru lahir kakinya memang tampak bengkok ke dalam karena selama 9 bulan mereka meringkuk di dalam rahim. Menurut dr.Rosalina Dewi Roeslani, Sp.A (K), kaki bayi akan mulai membaik saat mereka mulai belajar berjalan di usia 18 bulan dan benar-benar hilang di usia 4-6 tahun.

"Dalam ilmu kedokteran tulang kaki di tungkai bawah yang bengkok itu disebut dengan bow leg atau genu varum. Penyebabnya bisa karena faktor trauma, tumor, atau infeksi. Bukan disebabkan karena pemakaian pospak," katanya dalam acara peluncuran MampyPoko Extra Dry Stripes Pad di Jakarta (13/3).

Kendati demikian, ada kondisi fisiologis yang mesti diwaspadai orangtua. Antara lain jika kondisi bengkoknya hanya satu sisi kaki, makin lama semakin bengkok, ada perbedaan tinggi dengan tungkai bawah lainnya, serta timbul rasa sakit di daerah lengkung.

"Apabila ditemui ada kelainan tersebut segera periksakan ke dokter, terlebih jika ada anggota keluarga yang juga mengalami kelainan tulang," paparnya.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook