Wednesday, February 15, 2012

Negara Ikut Perkosa Perempuan




Konferensi pers tentang maraknya kasus perkosaan di Jakarta, Senin (13/2/2012).

Jakarta, Indonesia (News Today) - Forum Keadilan Perempuan mengecam perkosaan yang masih marak. Sedikitnya tercatat, ada 68 kasus perkosaan sepanjang tahun 2011.

"Pandangan bahwa kekerasan seksual sebagai kejahatan kesusilaan juga tidak terlepas dari ketimpangan relasi yang menempatkan perempuan sebagai marka atau penanda kesucian dan moralitas dari masyarakatnya. Inilah sebabnya sering kali pembahasan tentang moralitas berujung pada pertanyaan apakah perempuan masih perawan atau tidak sebelum perkosaan terjadi," kata Dian Novita dalam konferensi pers, Senin (13/2/2012) di Komnas Perempuan.

Perempuan, menurut Iswarini dari Forum Keadilan Perempuan, sering mengalami perkosaan sampai tujuh kali. "Selain saat kejadian, saat interogasi korban sering ditanyai hal-hal yang menyudutkan dan sering membuat korban merasa diperkosa berulang kali," kata Iswarini.

Kondisi yang dibiarkan ini menunjukkan bahwa negara ikut memperkosa perempuan.

Ketua Komnas Perempuan Yuniyanti Chuzaifah mengatakan, dari tahun 1998 sampai 2010 tercatat ada 93.960 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan. "Jumlah kekerasan seksual ini berjumlah seperempat dari jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi tahun itu," kata Yuniyanti.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook