Thursday, January 21, 2010

Siti Fadilah Imbau Pertukaran Virus Tidak Rugikan Indonesia




Siti Fadilah Imbau Pertukaran Virus Tidak Rugikan Indonesia: "Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari berkomentar terkait pengaktifan kembali pembahasan pertukaran virus influenza. Dia mengingatkan jangan sampai bangsa ini merugi karena perjanjian itu.

"Jadi saya minta kepada Presiden, kepada menteri, jangan sampai bertentangan dengan yang sudah diperjuangkan, keadilan dan transparansi. Di dunia tidak ada seorang yang bisa memaksa negara berdaulat untuk menukar-nukar virusnya," ujar Siti Fadilah melalui telepon, Kamis (21/1/2010).

Siti berpendapat, seandainya Menkes Endang Rahayu memaksakan untuk tetap melakukan pertukaran virus, dan ternyata merugikan Indonesia, maka dia akan berhadapan dengan rakyat.

"Kalau sampai hal seperti itu, berarti dia tidak mempunyai integritas kebangsaan, karena mengorbankan bangsa sendiri untuk kepentingan bangsa lain," terangnya.

Apakah Anda melihat ada intervensi asing terkait cairnya kembali pembahasan pertukaran virus itu? "Saya tidak mengerti soal itu. Tapi seharusnya perjanjian saling menguntungkan, jangan orang asing saja yang untung," jawab ahli jantung ini.

Sebelumnya Depkes menyatakan, pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2010, pembahasan mengenai Pandemic Influenza Preparedness: Sharing of Influenza Viruses and Access to Vaccines and Other Benefits yang pada awalnya mengalami kebekuan atas kelanjutan mekanisme negosiasi virus sharing, berhasil diatasi oleh delegasi Republik Indonesia."

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook