Sunday, March 1, 2015

Presiden Disadap, Brazil Bikin Ponsel Seharga Rp 10 Juta






(News Today)Brazil sedang menggodok smartphoneyang diklaim tak akan bisa diretas. Proyek tersebut dikembangkan oleh perusahaan keamanan Sikur, bersama-sama dengan perusahaan ekuitas swasta G5 Evercore.
"Ponsel ini tak akan membiarkan rekaman pembicaraan di telepon, pesan teks, atau data lainnya dicuri," kata perwakilan Sikur, sebagaimana dilaporkan BGR dan dikutipKompasTekno, Kamis (26/2/2015). Namun, belum jelas spesifikasi dan mekanisme ponsel ini.

Yang pasti, ponsel terenkripsi ini dinamakan "Granite Phone". Kabarnya, 2 Maret mendatang ponsel ini bakal dirilis di perhelatan Mobile World Congress (MWC), yakni pameran gadget tahunan yang digelar di Barcelona. 

Harganya dibanderol 800 dollar AS atau setara Rp 10 juta. Pihak Sikur menargetkan akan menjual 80.000 Granite Phone untuk tahun ini.


Seperti diketahui, 18 bulan lalu Edward Snowden membeberkan data yang menunjukkan e-mail dan ponsel Presiden Brazil Dilma Rousseff disadap oleh pemerintahan AS. Rousseff pun yang waktu itu dijadwalkan berkunjung ke Washington, harus membatalkan rencananya.

Jadi, pembuatan ponsel anti-peretas ini disebut-sebut menyusul insiden peretasan yang dilakukan NSA tersebut. Pasalnya, peretasan Rouseff meresahkan bank-bank di Brazil. Mereka kemudian meminta perlindungan tambahan dari pemerintah Brazil untuk menghadang kejahatan dunia maya.


Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook