Tuesday, September 11, 2012

Lion Air Tantang AirAsia di Malaysia




Lion Air

Kuala Lumpur (News Today) - PT Lion Mentari Airlines akan mendirikan maskapai berbiaya rendah di Malaysia. Dengan begitu, Lion Air akan berhadapan langsung dengan pasar maskapai penerbangan berbiaya rendah milik AirAsia yang berasal dari Malaysia.

Dengan mengusung nama Malindo Airways, Lion Air akan memulai penerbangan perdana bulan Mei 2013 mendatang. Setidaknya, Lion Air akan menyiagakan sekitar 100 pesawat dalam satu dekade ke depan.

Hal ini disampaikan oleh Ahmad Johan, Presiden Penerbangan Nasional dan Industri Pertahanan Malaysia, kepada wartawan di Kuala Lumpur, Selasa (11/9/2012).

Namun begitu, mayoritas kepemilikan saham Malindo Airways dikuasai oleh perusahaan Malaysia dengan kepemilikan saham 51 persen, sisanya baru dikuasai oleh Lion Air yang berbasis dari Indonesia.

Perlu diketahui, pelanggan terbesar pesawat Boeing tersebut akan bersaing ketat dengan AirAsia untuk melayani wisatawan di Asia.

Boeing Company memprediksi, pertumbuhan ekonomi di Asia membuat pertumbuhan perjalanan udara di Asia tumbuh 6,4 persen per tahun sampai tahun 2031 mendatang.

"Soal harga tiket nanti sama dengan AirAsia atau mungkin lebih rendah," kata Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana, mengungkapkan tarif tiket pesawatnya yang akan bersaing dengan AirAsia tersebut.

Rusdi bilang, Malindo Air berencana terbang ke negara-negara seperti Thailand, China, India, Jepang, Australia, serta Indonesia.

Perlu diketahui, Lion Air baru saja menandatangani pemesanan 230 Boeing 737 pada Februari lalu. Ini merupakan rekor terbanyak pemesanan pesawat Boeing yang tercatat dalam sejarah dengan nilai 22,4 miliar dollar AS.

Source : KONTAN

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook