Sunday, September 2, 2012

Iran: Kami Bukan Pemburu Senjata Nuklir




Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei memberi sambutan pada pembukaan KTT ke-16 Gerakan Non-Blok di Teheran, Iran, Kamis (30/8/2012).

Teheran (News Today) - Iran mengaku tidak tertarik pada senjata nuklir tapi akan berusaha menghasilkan energi nuklir damai, kata Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei pada pembukaan Pertemuan Puncak ke-16 Gerakan Non-Blok (GNB), yang dibuka di Teheran, Kamis (30/8/2012).

Khamenei mengatakan "Republik Islam bukan pemburu senjata nuklir dan takkan mengendurkan haknya bagi penggunaan damai energi nuklir, demikian laporan Xinhua.

Ditambahkannya slogan Iran adalah "Energi nuklir buat semua, senjata nuklir tidak buat siapa pun".

Pada Rabu (29/8/2012), Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, yang menghadiri pertemuan tingkat tinggi itu, mendesak Khamenei agar melakukan langkah nyata guna membuktikan program nuklirnya bertujuan damai.

Barat mencurigai Iran berusaha memperoleh kemampuan senjata nuklir, tuduhan yang telah berulangkali dibantah oleh Teheran.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kamis, mendesak Iran agar menghilangkan keprihatinan internasional mengenai program nuklir kontroversialnya.
Demi keamanan wilayah itu dan dunia, Iran mesti melakukan berbagai tindakan dan membangun rasa saling percaya guna menghilangkan keprihatinan internasional, kata Ban di dalam pidato saat pembukaan Pertemuan Puncak Ke-16 GNB di ibukota Iran, Teheran.

Itu, tambah Ban, dapat dilakukan melalui kerja sama dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook