Saturday, September 15, 2012

Catalonia Merdeka, Barca Tetap di La Liga




Warga Barcelona memasang spanduk panjang di sebuah gedung di Barcelona yang menyatakan bahwa Catalonia adalah negara merdeka di Eropa, 11 September 2012 lalu.

Barcelona (News Today) - Wacana kemerdekaan Catalonia semakin gencar. Bahkan, kini muncul wacana Catalonia akan membentuk kompetisi sendiri dan Barcelona keluar dari La Liga (Liga Spanyol). Namun, Presiden Barcelona Sandro Rosell berpendapat lain. Menurut dia, kalaupun nanti Catalonia merdeka, Barcelona tetap akan bermain di Divisi Primera La Liga (Liga BBVA).

Barcelona memang berada di daerah Catalonia, wilayah otonom di Spanyol. Sejak lama, Catalonia merasa memiliki identitas sendiri dan ingin merdeka. Barcelona dianggap representasi perjuangan Catalonia.

Pekan ini, demonstrasi besar terjadi di jalan-jalan Barcelona. Menurut The Guardian, sekitar 1,5 juta warga Catalonia turun ke jalan menuntut kemerdekaan.

Rosell tak memiliki keraguan bahwa Barcelona akan tetap bermain di La Liga. Menurutnya, ini seperti Monaco yang merupakan wialayah merdeka, tetapi tetap ikut Ligue 1 (Liga Perancis).

"Jika Catalonia merdeka maka tak ada perbedaan (buat klub Barcelona). Kami akan tetap berman di Liga Spanyol, seperti halnya Monaco di Perancis yang tetap bermain di Ligue 1 meski sebagai negara terpisah. Saya yakin akan hal ini,' tegas Rosell.

Rosell juga menegaskan, rivalitas antara Barcelona dan Real Madrid akan tetap berlangsung di berbagai event. "Bahkan, dalam Catalonia merdeka, kami akan tetap melawan Real Madrid seperti sebelumnya," katanya.

Source : kompas

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook